News

←   Kembali
MENJAWAB TRANSFORMASI DIGITAL  DI DUNIA PENDIDIKAN

MENJAWAB TRANSFORMASI DIGITAL DI DUNIA PENDIDIKAN

Radio AUDISI On Streaming - Perubahan di era digital begitu masif dan cepat sehingga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Teknologi selalu berjalan kedepan tidak mundur ke belakang, artinya bahwa perkembangan teknologi (informasi) tidak bisa ditolak dan bagi dunia pendidikan harus menanggapi perubahan tersebut dengan langkah-langkah inovatif.

Adanya transformasi digital utamanya dibidang pendidikan, berkembang program sekolah digital. Terobosan ini muncul serta diadopsi oleh sekolahan agar relevan dengan perkembangan zaman. Sekolah digital merupakan program berbasis digital yang dikembangkan sekolah untuk proses pembelajaran. Hal inilah yang dipaparkan Kepala BPTIKDIKBUD Provinsi Jawa TengahDr.Siswanto,M.Pd dalam paparannya mengenai sosialisasi sekolah digital di SMA N 1 Wonosari Kabupaten Klaten Jawa Tengah pada hari Senin 18 Juli 2022 tepat pukul 10.00 wib di ruang serbaguna SMA N 1 Wonosari Kabupaten Klaten di sela-sela kegiatan pendampingan radio sekolah. Lebih lanjut Dr.Siswanto menjelaskan bahwa sekolah digital merupakan migrasi data dari yang manual atau tradisional menjadi digital. Bahwa untuk memahami konsep sekolah digital dibagi dalam beberapa fase, yakni sekolah digital 1.0, sekolah digital 2.0 dan sekolah digital 3.0, selain itu dalam paparan sosialisai sekolah digital, Siswanto juga melontarkan pertanyaan kepada guru-guru yang mengikuti sosialisasi sekolah digital dalam penerapannya di SMA N 1 Wonosari Klaten untuk pengajaran.

Pelaksanaan kegiatan Pendampingan radio sekolah yang diselenggarakan BPTIKDIKBUD Provinsi Jateng juga berisi sosialisasi sekolah digital dan sosialisai Jateng Pintar berlangsung dalam dua hari di empat sekolah berbeda. Pelaksanaan hari Senin tanggal 18 Juli 2022 diantaranya SMA N 1 Wonosari dan SMA N 1 Karanganom sedangkan hari Selasa 19 Juli 2022 dilaksanakan di SMA N 1 Karangnongko dan SMA N 1 Jogonalan keempat sekolah tersebut masuk wilayah Kabupaten Klaten. 

Sementara itu pendampingan radio sekolah di SMA N 1 Wonosari Klaten diikuti guru-guru pengelola radio sekolah serta siswa-siswi pengurus OSIS. Di hari pertama pengajaran diberikan materi Programming dan Announcing Skill berupa artikulasi, intonasi, dan aksentuasi yang merupakan dasar untuk berbicara didepan umum atau mikrofon siaran. Di hari kedua materi pengajaran juga diberikan dalam bentuk praktek setelah paham dari teori. Untuk siswa-siswi pengurus OSIS juga diajarkan materi public speaking dan MC . Antusiame guru-guru dan siswa-siswa terlihat ketika melakukan praktek ketrampilan berbicara/bersiaran. Guru-guru sebagai pengelola radio sekolah yang mengikuti pelatihan merasa senang karena belum pernah mendapat pelatihan sebelumnya dan juga belum memiliki pengetahuan tentang radio siaran (streaming), tak kalah semangatnya dengan siswa-siswi pengurus OSIS sekaligus pengelola radio sekolah karena memperoleh pengetahuan praktis dalam bidang public speaking dan MC, baik guru maupun siswa berkeinginan kegiatan tersebut bisa dilanjutkan untuk tahap berikutnya.

 

Penanggungjawab : Dr.Siswanto

Written by – donny s & yudhi pra