News

←   Kembali
UNTUK MENINGKATKAN KOPETENSI GURU : KKG MENIMBA ILMU KE BPTIKDIKBUD PROVINSI JAWA TENGAH

UNTUK MENINGKATKAN KOPETENSI GURU : KKG MENIMBA ILMU KE BPTIKDIKBUD PROVINSI JAWA TENGAH

          Di era teknologi informasi (internet) ini dunia pendidikan tidak bisa mengabaikan terhadap perkembangan yang terjadi. Dengan tumbuhnya teknologi informasi guru-guru bisa menyediakan materi yang lebih berkualitas dan menarik. Gurupun semakin dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Inilah yang dilakukan KORSAPEN (Koordinator Satuan Pendidikan) Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Gayamsari Kota Semarang dalam kunjungannya ke BPTIKDIKBUD Provinsi Jawa Tengah Rabu, 1 Februari 2023. Rombongan yang berjumlah 122 orang dipimpin oleh Dra. HenyTitik Lestari, M.Pd sebagai Pembina Gugus, Ketua KKG (Kelompok Kerja Guru) Pius Trijoko, S.Pd dan Ketua KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Mulyono,S.Pd.,M.Pd, diterima oleh Kepala BPTIKDIKBUD Dr.Siswanto,M.Pd. Kunjungan tersebut memiliki nilai penting sebagai upaya peningkatan kualitas sumberdaya para  guru yakni dalam rangka Peningkatan Kompetensi Guru di Era Digital abad 21.

          Menurut Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG), Pius Trijoko mengatakan, “bahwa program kegiatan KKG “keluar” baru kali ini”. Sedangkan kegiatan program KKG kedalam dilaksanakan secara periodik setiap hari rabu dengan materi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), penyusunan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, pembelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan, pembinaan guru dan lain lain. Pius Trijoko menjelaskan program KKG “keluar” dengan memilih BPTIKDIKBUD, karena BPTIKDIKBUD sangat cocok bagi guru untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya dalam pembuatan media pembelajaran yang bervariatif dan menarik bagi peserta didik. Banyaknya informasi tentang pengembangan teknologi khususnya dalam media pembelajaran, adanya informasi lomba-lomba bagi guru yang sangat baik digunakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, serta tersedianya portal pembelajaran. Lebih jauh Pius mengatakan. ”dengan kunjungan ke BPTIKDIKBUD para pendidik di Gugus Pangeran Diponegoro mendapatkan pengetahuan tentang media pembelajaran dan akhirnya mampu membuat media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan berbasis IT”.

          Setelah melihat-lihat fasilitas yang ada di BPTIKDIKBUD, adanya keinginan bahwa pengetahuan dan informasi tentang pengembangan media pembelajaran yang bisa diterapkan di Sekolah Dasar, sehingga guru juga memiliki ketrampilan membuat media pembelajaran yang berbasis IT. Program kedepan KKG akan berkolaborasi dengan BPTIKDIKBUD dalam rangka peningkatan kompetensi guru juga kunjungan para siswa ke BPTIKDIKBUD.

          Harapan dari Program KKG ini menurut Pius adalah peserta kegiatan mengetahui pengembangan teknologi, mampu mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis IT. Kompetensi guru dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis IT semakin bervariasi dan menyenangkan bagi peserta didik. (yudhi pra)

 

Redaktur

  • Donny Setyawan
  • Tim AUDISI